Warna Api dan Panasnya

September 25, 2021 By admkonten 0

Buat ibu-ibu yang hobinya memasak, pasti sudah tidak asing dong dengan warna api dari kompor yang kadang orange, merah atau biru. Tapi tau ngga, sih? Tapi, kamu tahu ngga, seberapa panas apa menurut warnanya?

Yuk, kulik barenga isiomah!

1.Warna Merah

Warna merah memiliki arti berani, dan semangat juang yang tinggi. Tetapi, tahu ngga, sih kalau api dengan warna ini adalah api yang panasnya ternyata belum seberapa. Bisa jadi, api dengan warna merah justru berada di rangking paling terakhir. Warna merah ini biasanya berada di paling luar nyala api, dan memiliki suhu di bawah 10000 derajat celcius. Api dengan warna seperti ini biasanya terjadi karena pembakaran yang kurang sempurna, penyebanya adalah hidro karbon yang tinggi dalam tabung gas. Kalau hal ini terjadi, coba deh kamu cek pada bagian corong api. Endapan kerak yang ada disitulah yang membuat nyala api berwarna merah.

2. Warna Jingga

Pasti pernah, dong menyalakan api unggun saat berkemah? Nah, api warna jingga sering ditemui saat menyalakan api unggun, alias pada kayu atau arang yang dibakar. Panas api ini lebih dingin dari api yang berwarna kuning, yaitu sekitar 1000-1200 derajat celcius.

3. Warna Kuning

Peringkat kedua api paling panas adalah yang berwarna kuning. Suhunya masih dibawah api yang berwarna biru, tetapi tetap saja sangat panas. Nah, semakin rendah suhu api, artinya pembakarannya makin nggak efisien. Biasanya, kompor minyak tanah menghasilkan api berwarna kuning cenderung ke jingga.

4. Warna Biru

Yang terakhir, api warna biru adalah yang paling panas. Suhunya lebih dari 1500 derajat celcius. Api dengan warna ini sering ditemui di kompor gas, lho.

Tetapi, mau warna apa saja harus selalu hati-hati, ya.

Kamu pasti suka : Menyapih Anak dengan Botol.