Cara Mudah Bersihkan Kipas Angin

October 19, 2021 By admkonten 0

Belakangan cuaca jadi lebih panas dari biasanya ngga, sih? Terkadang sampai mengeluh sedikit, seolah neraka mengalami kebocoran sampai ke bumi saking panasnya. Bahkan ketika sudah menjelang malam pun, masih terasa gerah dan rasanya wajib untuk menyalakan kipas angin saat tidur.

Tetapi, apakah menggunakan kipas angin dimalam hari baik untuk kesehatan? Menurut ahli paru di Lenox Hill Hospital di New York, AS, Dr. Len Horovitz , sih “Kipas angin tidak berbahaya. Justru, tidur malam sangat penting. Berkeringat sepanjang malam bikin tidur tidak nyenyak,” jelasnya, seperti dilansir Live Science.

Horovitz, sih juga bilang bahwa, meskipun menyalakan kipas angin saat tidur juga harus berhati-hati. Sebab, kipas angin dapat mengurangi kelembaban udara, dan menyebarkan debu. Inilah yang harus menjadi perhatian kita. Lebih lagi, untuk mereka memiliki alergi debu atau pun asma.

Wah, kalau gitu harus sering-sering dibersihkan, ya.

Hayo, kamu tau ngga gimana cara membersihkan kipas angin? Kalau bingung, Isiomah punya cara jitu yang bisa kamu ikuti, nih.

1.Bongkar Kipas Angin

Agak ribet, tapi ini adalah cara yang paling efektif untuk membersihkan kipas angin yang diselimuti debu-debu tebal sampai ke dalam-dalamnya, hanya dengan kuas dan mengusapnya dengan lap basah. Tapi karena tidak mudah, apalagi kalau kamu tidak mengerti caranya, lebih baik ngga usah, ya.

2. Penyedot Debu

Cara yang satu ini jauh lebih mudah dari yang pertama. Kamu tinggal letakkan kipas angin kamu di luar, dan arahkan penyedot debu pada kipas angin, deh.

3. Menggunakan Garam atau Pasir Bersih

Cara ketiga juga tidak sulit, kok. Kamu hanya perlu menyiapkan garam atau pasir yang bersih, dan kertas saja.

Kertas ini nantinya akan digunakan sebagai alas untuk kipas angin yang akan dibersihkan. Caranya, ambillah selembar kertas. Lalu letakkan kipas angin di atas kertas. Selanjutnya, arahkan baling-baling ke arah atas dan bawah.  Setelah itu kamu tinggal tuangkan garam atau pasir ke arah baling-baling kipas, deh. Hasilnya, debu dan kotoran yang menempel pas kipas akan jatuh di atas kertas. Wow, mudah bukan?

Bagaimana? Sudah tahu kan cara-cara mudah membersihkan kipas angin? Atau kamu punya cara lain yang lebih mudah?

Baca juga : Anjuran Minum dalam Sehari