Penggunaan Setrika Arang

November 10, 2021 By admkonten 0

Dahulu, sebelum adanya setrika listrik seperti yang biasa kita pakai di rumah, setrika itu bentuknya belum semodern sekarang, lho. Apalagi pada saat itu masih menggunakan arang. Wah, terbayang ya betapa ribetnya pemakaian setrika ini.

Setrika arang ini bentuknya mirip dengan setrika pada umumnya. Hanya saja, setrika ini bisa dibuka untuk diisi dengan arang dan memiliki pegangan yang berupa isolator yang terbuat dari kayu. Cara menggunakan setrika arang pun tidak praktis seperti penggunaan setrika listrik pada umumnya. Seperti namanya, setrika arang mengharuskan penggunanya memilih kayu yang padat yang ketika dibakar tidak mudah menjadi abu. Pembakarannya pun harus diperhatikan agar ketika digunakan, panas arang tersebut stabil dan tidak menjadikan pakaian kusut atau pun gosong. Setelah kayu menjadi arang yang membara, barulah dipindahkan ke dalam setrika. Belum lagi untuk mengatur panas setrika, penggunanya masih harus mengipasi arang.

Berbeda dengan setrika arang, penggunaan setrika listrik tentunya jauh lebih praktis dan lebih mudah untuk diatur. Bahkan panasnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan jenis kain yang akan digosok. Dengan banyaknya merek dan harga setrika yang bervarian, membuat barang satu ini mudah didapatkan.

Misalnya saja, setrika dengan merek Philips satu ini. Seperti yang sudah diklaim, setrika ini memilki alas yang sama dengan yang ada pada telflon menjadikan setrika ini anti lengket. Dengan daya 340 watt, harga setrika Philips ini pun hanya Rp 232.800.

Atau setrika maspion satu ini dengan daya 350 watt dan memiliki fungsi yang tidak jauh beda dengan setrika Philips namun dengan harga Rp 121.250.

Wah, jauh lebih mudah dan mudah dari setrika arang, ya.

Baca juga : Cara Mudah Bersihkan Kipas Angin